1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PMB: Pengumuman 28 Maret 2019 (Lulus TPA dan Wawancara)

Pengumuman Peneriman Mahasiswa Baru TA 2019/2020 tanggal 25 Maret 2019

Lulus TPA dan Wawancara

 

Pengabdian Masyarakat STIKes Santo Borromeus bersama dengan LIONS

Kegiatan Pengabdian Masyarakat STIKes Santo Borromeus bersama dengan LIONS

Bandung (2/03/2019), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus bersama dengan LIONS mengadakan bakti sosial "CPR & First Aid Training" di Paskal 23 shopping Center. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pertolongan kepada orang yang kecelakaan atau terkena penyakit akut yang menyebabkan seseorang tidak sadarkan diri.

Bersama dengan LIONS audience diajak untuk mengetahui langkah awal yang dibutuhkan apabila menemukan korban/seseorang dalam keadaan tidak sadarkan diri yaitu  melalui CPR dan & First Aid.

Kegiatan ini berlangsung ramai oleh pengunjung, dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00

Hadiri dan Dapatkan Energi Sehat bersama Dies Natalis ke-64 STIKes Santo Borromeus (2)

Dies Natalis ke-64 STIKes Santo Borromeus akan diadakan pada tanggal :
Jumat, 15 September 2017, Pukul 10:00 - 16:00 WIB
Sabtu, 16 September 2017, Pukul 07:00 - 16:00 WIB

TERBUKA UNTUK UMUM

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ikatan Karyawan STIKes Borromeus (IKSB)

Siang ini, 12 Februari 2018, Ikatan Karyawan STIKes Borromeus (IKSB) telah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017 yang dihadiri oleh staf pengajar dan staf kependidikan STIKes Santo Borromeus sebagai pemilik sekaligus anggotanya. IKSB menempatkan RAT sebagai kekuasaan tertinggi di mana berbagai persoalan  diatur dan ditetapkan dalam rapat anggota. RAT ini adalah RAT yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh IKSB sejak didirikan pada tahun 2015.

Melihat umur IKSB yang masih belia, IKSB telah mengalami kemjauan yang baik. Hal ini terlihat dari laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan kegiatan oleh pengurus IKSB.


Setelah laporan pertanggungjawaban tahun 2017 dan pemaparan rencana kerja dan anggaran tahun 2018, acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru dan serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru. Pengurus yg baru merupakan pengurus yg dipilih oleh para anggota melalui proses pemilihan yg dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2017. Dari pemilihan tersebut terpilihlah Bapak Alexsius Wahyu jadmiko, SE sebagai Ketua IKSB, Ibu Dia Prasanti, SE sebagai Sekretaris dan Ibu Yosi Maria Wijaya, S.Kep., Ners., M.Sc. sebagai bendahara. Proses serah terima dan pelantikan pengurus baru ini disambut dengan sangat baik oleh Ketua STIKes Santo Borromeus ibu Ns. Elizabeth Ari Setyarini, S.Kep., M.Kes., AIFO.

Acara RAT kemudian ditutup dengan makan siang bersama oleh seluruh anggota IKSB. Suasana yang hidup, semarak dan ceria semakin terasa kala makan siang kali ini dalam bentuk lesehan tradisional. Bagaimana tidak, makan bersama dalam bentuk lingkaran beralaskan daun pisang dengan menu sederhana ditemani dengan alunan musik.  Sungguh suasanan ini sangat berbeda dan interaksi satu sama lainnya semakin erat.


Dalam IKSB kita bersama dan oleh IKSB kita bersatu. (-JNP)

Student Exchange Program 2017

Student Exchange Program STIKes Santo Borromeus dengan Boromarajonani College of Nursing (BCN), Surat Thani, Thailand.

Kerjasama internasional yang berkelanjutan antara STIKes Santo Borromeus dengan Borromarajonani College of Nursing, Surat Thani, Thailand menghadirkan semangat positif bagi seluruh civitas akademika STIKes Santo Borromeus. Program ini diawali dengan penelitian bersama antara dosen STIKes Santo Borromeus dan dosen Borromarajonani College of Nursing (BCN), Surat Thani di tahun 2014. Disusul kemudian dengan berbalas kunjungan sejak tahun 2015.

Kunjungan pertama STIKes Santo Borromeus ke BCN Surat Thani pada Juli 2015 diwakilli oleh 8 orang mahasiswa, 2 orang dosen dan 1 orang staf kependidikan. Dalam kunjungan tersebut delegasi dari STIKes Santo Borromeus melihat ragam budaya masyarakat Thailand, mengunjungi beberapa rumah sakit dan health promotion center yang ada di kota Sura Thani, serta mempelajari praktek rekam medis yang ada disana. Sistem kelola berkas rekam medis yang sudah terpusat dan dapat diakses secara digital menarik perhatian mahasiswa perekam dan informasi kesehatan yang kala ikut kesana. Hal yang sama ketika STIKes Santo Borromeus menerima perwakilan BCN Surat Thani, Thailand pada bulan Januari 2016 berikutnya. Delegasi dari BCN Surat Thani menyambangi kehidupan akademis yang harmonis di STIKes Santo Borromeus yang berada di Jl. Parahyangan Blok B No.1 Kota Baru Parahyangan, Padalang, Bandung Barat, mengunjungi dua dari empat rumah sakit milik kita (RS. Borromeus-Bandung, RS.Cahya Kawaluyan-Padalarang), melihat secara langsung Puskesmas Ngamprah tempat STIKes Santo Borromeus melaksanakan praktikum, menikmati budaya Jawa Barat, berinteraksi dengan penduduk setempat, mencicipi beraneka ragam makanan dan jajanan khas Jawa Barat, serta mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Bandung dan sekitarnya yang sejuk yang tidak mereka dapatkan di kota Surat Thani, Thailand.

Selanjutnya, pada Agustus 2016, 10 orang mahasiswa, 2 orang dosen dan 1 staf kependidikan menjadi duta STIKes Santo Borromeus di BCN Surat Thani, Thailand. Kali ini mereka lebih berfokus kepada dunia keperawatan komunitas. Seperti yang kita ketahui, Thailand dikenal cukup baik dalam keperawatan komunitas. Hal ini dibuktikan dengan peran health promotion center mereka yang sudah berada pada track yang seharusnya. Jika dibandingkan dengan yang ada di Indonesia, keperawatan komunitas mereka sudah benar-benar berperan sebagai health promotion and preventive sedangkan di Indonesia ranah keperawatan komunitas masih berada pada curative. Sistem pencatatan dan pengarsipan berkas rekam medis yang mereka lakukan. Begitu hasil observasi dari “duta” kita disana.

Tak lama kemudian tepatnya pada 18-24 Maret 2017 kembali STIKes santo Borromeus kembali menjadi tuan rumah dalam program ini. Kunjungan kali ini oleh 8 orang mahasiswa dan 3 orand dosen dari BCN Surat Thai dengan mengusung tema “Enriching The Knowledge and Skills on Community and Psychiatric Nursing” dimana kegiatannya lebih banyak berlangsung di luar kampus STIKes santo Borromeus. Mengunjungi dan berbagi cerita bersama Rumah Sakit Jiwa Cisarua Bandung, Desa Siaga di Batujajar, Holistic Hospital di Purwakarta dan Panti Jompo yang ada di Sarijadi untuk menggambarkan dunia keperawatan komunitas yang ada di Jawa Barat ini.

Saat ini kerjasama inipun masih terus berlangsung dan Student Exchange Program menjadi wadah bagi setiap staf, dosen dan terlebih lagi seluruh mahasiswa STIKes Santo Borromeus untuk bisa semakin berkembang, menambah ilmu dan pengalaman tentunya dalam dunia kesehatan.

 

 

 

Jaya terus STIKes Santo Borromeus dan Boromarajonani College of Nursing (BCN), Surat Thani, Thailand! -(JNP)