1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Farmasetika Dasar

Program Studi Diploma 3 Farmasi merupakan program studi baru di lingkungan STIKes Santo Borromeus. Pada tahun akademik 2017-2018 ini program studi D-III Farmasi baru memulai semester 1(Agustus2017 - Januari 2018) dengan salah satu mata kuliah inti Farmasetika Dasar.

Farmasetika Dasara dalah matakuliah yang mempelajari cara membaca resep dokter dan mempelajari cara mencampur obat racikan dalam bentuk sediaan serbuk dan kapsul. Mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi membaca resep dalam bentuk singkatan latin, menghitung dosis maksimal, membuat salinan resep, meracik obat yang tertulis dalam resep dan menghitung waktu pemakaian obat setelah diracik, atau yang dikenal sebagai beyond use date (BUD).

Jumlah sks yang harus mahasiswa tempuh untuk mencapai kompetensi ini adalah 4 sks yang terdiri dari 2 sks teori dan 2 sks praktik. Saat proses praktik dilaksanakan, mahasiswa akan diberi resep racikan dan diharuskan menganalisa mengenai dosis dari masing-masing obat di dalam resep serta membuat laporan mengenai cara pembuatan resep tersebut. Mahasiswa kemudian membuat sediaan racikan obat, salinan resep serta menuliskan etiket obat untuk dapat diberikan kepada pasien.

Dalam satu  semester ini, mahasiswa mendapatkan 36 resep racikan yang harus diselesaikan. Diharapkan setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa memiliki keterampilan dalam membuat sediaan obat racikan sehingga mampu terjun di dunia farmasi, terutama farmasi klinis dan komunitas, yang merupakan penciri dari program studi D-III Farmasi STIKes Santo Borromeus.

 

Yovita Mercya

Ka Prodi D-3 Farmasi STIKes Santo Borromeus