1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

“Satukan Langkah bersama Langkah dan Hangatnya Berbagi” – STIKes Santo Borromeus dan Rumah Pemulihan Soteria Cimahi

Jumat, 6 Juli 2018 telah terselenggara kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan antara STIKes Santo Borromeus dengan Rumah Pemulihan Soteria Cimahi dengan tema “Satukan Langkah bersama Langkah dan Hangatnya Berbagi”. Kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi nyata mahasiswa terhadap masyarakat.

Rumah Pemulihan Soteria merupakan rumah pelayanan terhadap individu yang mengalami depresi. Banyak orang salah mengerti tentang depresi. Mereka berpikir bahwa depresi itu sama dengan gila. Karena kesalahpahaman tentang depresi itulah mengakibatkan semakin parahnya kondisi korban depresi. Tak sedikit korban depresi ringan menjadi seorang penderita depresi berat yang mangasingkan diri dari keluarga, teman terdekat maupun lingkungan masyarakat sekitar. Banyak cara penanganan untuk depresi salah satu dari antaranya adalah mengajak korban melakukan kegiatan bersama-sama dengan sesama.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKes Santo Borromeus yang mengikuti kegiatan ini ada 15 mahasiswa dengan 2 staff pengajar STIKes Santo Borromeus dan diikutsertakan 58 orang yang tinggal di Rumah Pemulihan Soteria memulai kegiatan pukul 09.00 WIB. Kunjungan kami diterima dengan hangat oleh Ibu Hermin selaku staf medis di Rumah Pemulihan Soteria.

Kegiatan sesi 1 adalah penyuluhan kesehatan mengenai “Kebersihan Diri dan Kebersihan Lingkungan” yang di sampaikan oleh Kirana Eka Putri (S1 KeperawatanTk II) dan Ribut Fitnanto (S1 KeperawatanTk I). Pada sesi 2 mahasiswa mengajak seluruh penghuni Rumah Pemulihan Soteria untuk melakukan pemeliharaan lingkungan adalah satunya dengan melakukan penanaman pohon sekulen di dalam pot, antusias parapenghuni dapat terlihat dalam kegiatanini. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan selesai pukul 11.30WIB dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari BEM STIKes Santo Borromeus. – (DSS)